Minggu, 06 Januari 2013

Tugas Akhir

Berikut merupakan sedikit cerita tentang tugas akhir saya yang saya buat bersama kelompok MARAMGT untuk menempuh D4 di ITB Bandung. Disini saya akan menjelaskan deskripsi singkat serta software yang harus terinstall sebelumnya dan bagaimana membuat server melalui IIS Manager

  1. Deskripsi Tugas Akhir

    Markerless Augmented Reality on Actual Mobile Guide for Tourist (MARAMGT) merupakan aplikasi mobile windows phone yang bertujuan untuk membantu para pengunjung (tourist) mendapatkan informasi mengenai sebuah obyek yang sedang dilihat pengguna melalui kamera windows phone dengan memanfaatkan teknologi image recognition dan augmented reality yang bertujuan untuk menampilkan data dengan lebih interaktif. Guna mendapatkan informasi yang lebih akurat secara cepat, MARAMGT dapat memanfaatkan teknologi location service maupun pencocokan database akses point. Jika data obyek tidak ditemukan, para kontributor juga dapat mengunggah data obyek baru tersebut melalui aplikasi. Dari sisi administrasi, disediakan aplikasi CMS yang dapat diakses oleh pihak manajemen database obyek maupun database, dapat terlihat juga mengenai statistik penggunaan aplikasi. Sedangkan untuk input data, disediakan aplikasi trainer yang hanya dapat diakses di komputer server untuk pemasukan data secara masal.

  2. Development Environment Aplikasi TourismGuide

    Development environment yang diperlukan untuk melanjutkan pengembangan TourismGuide adalah sebagai berikut:

    1. Microsof Visual Studio Ultimate 2010 SP 1
    2. Microsoft Windows phone 7.1 SDK
    3. Minimal Silverlight 4.0
    4. Zune software

  3. Pengelola Database Menggunakan CMS (Content Management System)

    Untuk melanjutkan pengembangkan aplikasi CMS pada server, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah sebagai berikut :

    1. Install visual studio ultimate dan dengan anggapan anda telah memiliki source code cms
    2. Install SQL Server Management Studio dan pastikan connection (username dan passwod) yang digunakan dalam visual studio dengan SQL Server Management telah dapat berkomunikasi.
    3. Install IIS manager
    4. * Pada windows seven , xp

      1. ControlPanel -> Turn Windows features on or off -> centang all feature IIS -> centang Microsoft .NET Framework (untuk mengaktifkan http feature)
      2. Masuk ke C:\Windows\Microsoft.NET\Framework64\v4.0 tekan shit+klik kanan -> open commend windows here -> ketikan aspnet_regiis.exe –i
      3. Jika IIS sukses terinstall -> Klik kanan pada project di visual studio -> properties -> web -> pilih Use Local IIS Web Server -> pilih Create Virtual Directory -> jika sukses akan terdapat notifikasi “The Virtual Directory Was Cteated Successfully”

      * Pada windows server 2008 R2

      1. Start -> All Programs -> Administrative Tools -> Server Manager
      2. Server Manager -> Roles Summary -> Add Roles -> centang Web Server (IIS)
      3. Pada role servise -> centang IIS service dan Asp.Net
      4. Jika IIS sukses akan terdapat notifikasi pada ServerManager “Instalation Succeeded”
      5. Masuk ke C:\Windows\Microsoft.NET\Framework64\v4.0 tekan shit+klik kanan -> open commend windows here -> ketikan aspnet_regiis.exe –i
      6. Jika IIS sukses terinstall -> Klik kanan pada project di visual studio -> properties -> web -> pilih Use Local IIS Web Server -> pilih Create Virtual Directory -> jika sukses akan terdapat notifikasi “The Virtual Directory Was Cteated Successfully”

    5. Jika langkah 1-3 telah berhasil terinstall maka bukalah link http://{ipserver}/wcfTableGedung/Service1.svc?wsdl pada browser sesuai project url pada local IIS Web Server yang terdapat pada visual studio saat anda meng-creat virtual directory.
    6. Jika berhasil sebagai contoh akan muncul tampilan seperti berikut

Sekian dari penjelas saya, semoga bermanfaat untuk pembaca

Tidak ada komentar:

Posting Komentar